Transparent Sexy Pink Heart RAKHMAT STW: MENCARI PELUANG USAHA BERDASARKAN PENELITIAN IPTEK DAN MAJALAH POPULER/RAKHMAT STW/KEWIRAUSAHAAN/UNIB

Senin, 07 Desember 2015

MENCARI PELUANG USAHA BERDASARKAN PENELITIAN IPTEK DAN MAJALAH POPULER/RAKHMAT STW/KEWIRAUSAHAAN/UNIB



LAPORAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN
ACARA 2
MENCARI PELUANG USAHA BERDASARKAN
PENELITIAN IPTEK DAN MAJALAH POPULER




Nama                  : Rahmad Setiawan
NPM                   : E1J013062
Coas                             : Yesi Uyatmi
Dosen                 : Dr. Ir.Dwi Wahyuni Ganefianti, M.S


PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2015

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.            Dasar Teori
Skripsi dan jurnal penelitian merupakan informasi utama untuk mendapatkan suatu jenis produk dan jasa inovasi baru. Selama ini skripsi skripsi atau jurnal penelitian hanya dijadikan sebagai kajian saja, sehingga belum banyak digunakan untuk menghasilkan produk komersil. Skripsi sering dijadikan untuk memenuhi prinsip akademis saja. Perusahaan yang maju dan berkembang sering menggantungkan pengembangan produknya dan hasil penelitian yang dilakukan oleh devisi penelitian dan pengembangan.
Majalah majalah popular, seperti trubus banyak memuat hasil - hasil percobaan dan pengalaman petani secara praktis dalam menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Hasil produk produk yang ditampilkan dimajalah popular mempunyai peluang usaha dan nilai komersil yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pengembangan suatu produk atau jas.
 Peluang usaha yang berkembang ditengah masyarakat meliputi bidang pruduksi barang, industry pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau industry pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, jasa seperti jasa pendidikan, jasa pelatihan, agrowisata dan usaha perdagangan. Adanya ragam usaha diharapkan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk memulai suatu kegiatan kewirausahaan.
Cara pengembangan peluang usaha ini kita bisa mencari peluang usaha yang tepat untuk dijalani baik pengembangan dari skripsi maupun dari majalah trubus serta bisa mengidentifikasi peluang usaha yang di dapatkan baik dari skripsi, majalah maupun system informasi yang lainnya.

1.2.            Tujuan Praktikum
Ø Merangsang pemikiran kreatif mahasiswa untuk menghasilkan produk barang atau jasa yang dapat dikembangkan dari skripsi/hasil-hasil penelitian mahasiswa.
Ø Mengidentifikasi  peluang peluang usaha yang didapatkan dari media informasi populer.
Ø Membandingkan kemudahan informasi yang diperoleh dari skripsi atau majalah populer.







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Peluang usaha adalah kesempatan atau waktu yang tepat yang seharusnya di ambil atau dimanfaatkan bagi seseorang wirausahawan mendapat keuntungan. banyak peluang yang di siasiakan, sehingga berlalu begitu saja karena tidak semua orang dapat melihat peluang dan yang melihatpun belum tentu berani memanfaatkan peluang tersebut. hanya seorang wirausahawan yang dapat berpikir kriatif serta berani mengambil risiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang. Peluang usaha yang telah di ambil tentu akan memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. Jika berhasil dapat dikatakan mendapat keuntungan, namun jika gagal maka itu bagian dari resiko yang harus di hadapi. Namun demikian, hal itu dapat dijadikan pengalaman yang sangat berharga. Kegagalan bagi seseorang wirausahawan harus di sikapi dengan landasan filsafat berikut.
1. Kegagalan adalah guru yang paling baik
2. Gagal adalah kunci sukses
3. Gagal adalah langkah pertama dari keberhasilan
4. Gagal adalah keberhasilan yang tertunda (Evika, 2008)
Peluang usaha yang baru biasa didapat dan dipilih sangat bergantung pada beberapa hal, antara lain :
1. minat seseorang, misalnya dalam bidang industri kerajinan dan perdagangan atau jasa
2. modal, apakah sudah tersediah modal awal atau belum, dan
3. relasi, apakah ada keluarga teman yang sudah menekuni usaha yang sama atau usaha yang akan di kerjakan ada relavansi atau saling menunjang dengan usaha tersebut.
Dalam dunia usaha setiap orang (pengusaha) atau orang yang hendak berkecimpung di dunia ini sudah semestinya mengerti dan memperhatikan peluang usaha yang di sekitar mereka atau kita. (Hidayat,1995)
Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bisang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya. Penelitian adalah keseluruhan kegiatan baik di dalam pikiran maupun dalam kegiatan nyata yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menyelesaikan suatu masalah di bidang ilmu pengetahuan ilmiah dalam rangka penyusunan skripsi.
Majalah majalah popular, seperti trubus banyak memuat hasil - hasil percobaan dan pengalaman petani secara praktis dalam menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Hasil produk produk yang ditampilkan dimajalah popular mempunyai peluang usaha dan nilai komersil yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pengembangan suatu produk atau jasa.
Secara umum peluang usaha yang berkembang ditengah masyarakat meliputi bidang pruduksi barang, industry pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau industry pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, jasa seperti jasa pendidikan, jasa pelatihan, agrowisata dan usaha perdagangan. Adanya ragam usaha diharapkan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk memulai suatu kegiatan kewirausahaan (Hendri, B.E, Sukarjo, Prasetyo. 2015).
Kewirausahaan pertama kali muncul pada abad 18 diawali dengan penemuan penemuan baru seperti mesin uap, mesin pemintal, dll. Tujuan utama mereka adalah pertumbuhan dan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas. Keuntungan dan kekayaan bukan tujuan utama. Secara sederhana arti wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. Pengertian kewirausahaan relatif berbeda-beda antar para ahli/sumber acuan dengan titik berat perhatian atau penekanan yang berbeda-beda, diantaranya adalah penciptaan organisasi baru (menjalankan kombinasi (kegiatan) yang baru, ekplorasi berbagai peluang, menghadapi ketidakpastian, dan mendapatkan secara bersama faktor-faktor produksi (Masykur, Wiratmo. 1994).

















BAB III
METODOLOGI
3.1  Alat Dan Bahan
Alat
Alat tulis
Bahan
3 skripsi, 12 majalah populer.


3.2              Proserdur Kerja
1.      Dibentuk kelompok kerja yang terdiri dari 4-5 orang
2.      Setiap kelompok membaca 1 buah skripsi dan 4 majalah populer. Masing masing majalah dipilih dua buah artikel
3.      Dibuat daftar judul dari hasil penelitian dan artikel pada majalah Trubus, maupun hasil yang didapatkan dan peluang usaha yang dikembangkan dari hasil penelitian tersebut. Peluang usaha dapat berupa produksi barang, industri pengolahan bahan baku menjadi setengah jadi, industri penolahan bahan baku menjadi barang jadi, jasa, (pelatihan, wisata, pendidikan, dll) dan usaha perdagangan.

















BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1.            Hasil
Judul
Bidang Produksi
Bidang Industri
Bidang Jasa
Bidang Perdagangan
Mendirikan balai/ klinik pengobatan herbal (majalah tan. Obat )
§ Produksi tanaman jahe
§ Produksi tan obat
§ Produksi kapsul tanaman obat
§ Prod bibit tan obat
§ Syrup tan. Obat
§ Penolahan makanan yg mengandung tan obat
§ Jasa pengolahan tan jahe
§ Jasa pengolahan lahan
§ Jasa konsultasi pengobatan herbal
§ Perd kapsul obat herbal
§ Perd makanan yg mengandung tan obat
§ Perd syrup tan obat
Pengobatan Pilek Menahun (majalah tan. Obat)
§  Prod tan obat pilek
§  Prod bibit tan obat pilek
§  Prod pupuk tan obat pilek
§  Prod jarum akupuntur
§ Syrup obat pilek
§ Prod jarum akupuntur
§ Prod vit obat pilek
§  
§ Jasa pengobatan pilek
§ Jasa konsultasi pengobatan
§ Jasa akupuntur pengobatan pilek
§ Perd obat pilek
§ Perd jarum akupuntur
§ Perd vit obat pilek
Respon padi Gogo dan perubahan komposisi gulma pada sistem olah tanah dan cara aplikasi efektif mikroorganisme(EM4)
(Skripsi)
§ Padi kering giling
§ Prod pupuk
§ Prod pestisida
§ Prod alat aplikasi pestisida
§ Beras
§ Tepung
§ Bubur

§ Jasa penolahan lahan
§ Jasa pengendalian gulma
§ Prdag beras
§ Prdag padi hibrida
§ Prdag pupuk

4.2.            Pembahasan
Peluang usaha yang dapat kita lakukan berdasrkan hasil penelitian maupun majalah populer dapat berupa bidang produksi, industri, jasa, maupun perdaangan.  Peluang ini ditinjau berdasarkan judul dan artikel dalam majalah tersebut. Berdasarkan hal tersebut praktikan diharapakan dapat menggembangkan kreatifitasnya, sebab dibalik judul skripsi maupun majalah terdapat peluang usaha yang besar.
Peluang usaha ini di tinjau dari skripsi yang berjudul Respon padi Gogo dan perubahan komposisi gulma pada sistem olah tanah dan cara aplikasi efektif mikroorganisme(EM4). Peluang produksi yang dapat kita usahakan meliputi Padi kering giling, Prod pupuk,Prod pestisida, Prod alat aplikasi pestisida. Hal ini didasarkan pada peningkatan hasil yang diharapkan maka akan menciptakan peluang usaha tersebut. Bidang industri kita dapat mengusahan beberapa usaha yang meliputi Beras,Tepung,Bubur. Hal ini disarkan pada peluang produksi yang dapat kita usahakan. Bidang usaha jasa biasanya di dasarkan kebutuhan dalam menusahan produksi maka kita dapat menawarkan Jasa penolahan lahan, Jasa pengendalian gulma. Bidang perdagangan akan brkorelasi dengan peluang usaha produksi maka kita dapat mengusahakan Perdagangan beras, Perdaganan padi hibrida, Perdagan pupuk.
Peluang usaha selanjutnya kita dapat peroleh dari artikel majalah populer Pengobatan Pilek Menahun (majalah tan. Obat), berdasarkan ini kita kembangkan empat bidang usaha di atas. Peluang usaha pada bidang produksi meliputi Prod tan obat pilek, Prod bibit tan obat pilek, Prod pupuk tan obat pilek,Prod jarum akupuntur. Bidang industri dapat kita usahakan berdasar pada usaha yang telah kita analisis pada bidang produksi, maka kita dapat usahakan usaha Syrup obat pilek,Prod jarum akupuntur, Prod vit obat pilek. Berdasar peluang industri untuk mencapai hasil tersebut maka kita dapat dukung dengan menawarkan usaha Jasa pengobatan pilek, Jasa konsultasi pengobatan, Jasa akupuntur pengobatan pilek. Produksi yang telah di hasilkan pada peluan produksi dapat kita kembangkan menjadi peluang perdangangan obat pilek, jarum akupuntur,vit obat pilek.
Peluang usaha pada artikel majalah kami ambil dari artikel yang berjudul Mendirikan balai/ klinik pengobatan herbal (majalah tan. Obat ), berdasarkan judul ini maka kami ingin mengembangkan usaha produksi Produksi tanaman jahe, Produksi tan obat, Produksi kapsul tanaman obat, Prod bibit tan obat. Bidang industri yang dapat kita kembangkan Syrup tan. Obat,Penolahan makanan yg mengandung tan obat. Berdasarkan usaha yang dapat kita kembangkan pada produksi dan industri maka kita peroleh peluang usaha pada bidang jasa yang meliputi Jasa pengolahan tan jahe,Jasa pengolahan lahan, jasa konsultasi pengobatan herbal. Peluang usaha perdagangan yang dapat kita kembangkan meliputi Perd kapsul obat herbal, Perd makanan yg mengandung tan obat,Perd syrup tan obat

































BAB V
PENUTUP
5.1.            Kesimpulan
Dari praktikum yang kami lakukan dapat kami simpulkan beberapa hal yaitu :
1.      Dari majalah dan skripsi pengambilan informasi sangat mudah diperoleh
2.      Peluang usaha dari majalah trubus sangat banyak yang berkualitas dan menarik
3.      Banyak usaha yang dapat dikembangkan untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru dan lebih menghasilkan keuntungan yang besar.



























DAFTAR PUSTAKA

Evika, 2008. Peluang KewirausahaanUniversitas Gaja Mada. Yogyakarta
Hendri, B.E, Sukarjo, Prasetyo. 2015. Penuntun Praktikum Kewirausahaan
Hidayat, 995. Tips Mencari Peluang Usaha. Yogyakarta
Masykur, Wiratmo. 1994. Kewirausahaan : Seri Diktat Kuliah. Jakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar