Transparent Sexy Pink Heart RAKHMAT STW: MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN PROMOSI PRODUK/Kewirausahaan/Rakhmatstw/UNIB

Senin, 31 Agustus 2015

MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN PROMOSI PRODUK/Kewirausahaan/Rakhmatstw/UNIB

LAPORAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN
ACARA 1
MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN PROMOSI PRODUK




Nama                  : Rahmad Setiawan
NPM                   : E1J013062
Coas                             : Yesi
Dosen                 : Dr. Ir.Dwi Wahyuni Ganefianti, M.S


PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2015

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.            Dasar Teori
Percaya diri diartikan sebagai sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainyasetiap keinginan dan harapannya. Karakter berjiwa wirausaha sangat penting ditanamkan dan dikembangkan dalam diri peserta didik, mengingat di era globalisasi saat ini sangat diperlukan adanya SDM yang mampu bersaing dan memiliki daya juang tinggi dalam meraih kesuksesan hidup. Mental yang selalu optimis dan berani mengambil resiko untuk memutuskan pilihan hidup sangat diperlukan, agar generasi muda kita tidak hanya berpangku tangan ketika kesulitan mencari pekerjaan. Mereka harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, dan karakter seperti ini tidak muncul serta merta, tetapi harus dibina secara dini (Salirawati, 2012).
Ide-ide dari wirausahawan menciptakan nilai-nilai potensial sekaligus peluang. Dalam mengevaluasi ide untuk menciptakan nilai-nilai potensial (peluang usaha), wirausahawan perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua risiko yang mungkin terjadi. Keberhasilan, wirausahawan bukan semata-mata karena atas ide sendiri, tetapi dapat juga berasal dari pengamatan dan penerapan ide-ide orang lain. Kegiatan mengidentifikasi pesaing merupakan upaya awal dari wirausahawan untuk dapat masuk ke pasar. Mengenal pesaing adalah hal yang sangat penting bagi wirausahawan. Wirausahawan harus membandingkan secara cermat tentang produk, harga, saluran, dan promosi yang dimiliki (Chandra, 2002).
Kemampuan menemukan peluang pasar dapat di latih dengan cara mengemukan pendapat, berpromosi, memperlihatakan contoh produk dan lain-lain. Dari segi ekonomi tujuan dari promosi adalah kemampuan dalam berkomunikasi adalah kemapuan menumbuhkan persepsi bagi pelanggan, memperkenalkan dan memberi pemahaman tentang suatu produk pada konsumen, mendorong pemilihan suatu produk, mengimbagi produk bauran pemasaran lain, dan menanamkan citra produk dan perusahaan(Nurwahyudi, 2011)
Keberhasilan suatu launching produk sangat dipengaruhi oleh faktor perusahaan, tenaga penjual, dan strategi promosi. Tenaga penjualan dipandang sebagai hal yang bermanfaat dan menguntungkan perusahaan, mengingat keberhasilan launching produk baru dapat berimplikasi pada penciptaan brand awareness di benak konsumen (Sakwati, 2012).
1.2.            Tujuan Praktikum
Ø Meningkatakan percaya diri mahasiswa untuk berinteraksi dengan orang lain
Ø Meningkatkan percaya diri untuk memperlihatkan kemampuan berpromosi terhadap prouk pada konsumen
Ø Meningkatkan kemampuan untuk menemukan peluang pasar
BAB II
METODOLOGI
2.1.            Alat Dan Bahan
Alat
Mikropon, VCD karaoke, laptop, dan lembar penilaian.
Bahan
Produk yang akan di promosikan.


2.2.            Proserdur Kerja
1.      Setiap praktikum meriquest atau memesan lagu yang akan di nyanyikan.
2.      Menyampaikan orasi atau promosi produk di depan praktikan lainnya.
3.      Menyajikan lagu dengan suara  dan gaya yang menarik pendengar atau juri
4.      Mahasiswa yang pendengar menjadi juri , menilai percaya diri masing masing angota kelompok(penampilan, volume suara, ketertarikan pendengar, artikulasi (kejelasan kata), dan intonasi suara.



















BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1.            Hasil
Praktikan Penilai         : Rahmad Setiawan                 NPM               : E1J013062
Mahasiswa yang dinilai
Kriteria yang dinilai
penampilan
Volume Suara
Ketertarikan Pendengar
Arti-Kulasi
Intonasi Suara
1.      Dewi Septi Yani
81
79
78
77
75
2.      Ayu Lestari
83
82
79
81
80
3.      Anjus Erik Girsang
85
84
83
84
84
4.      M. Arif Ibrahim
82
79
80
80
81
5.      Petri Yako
81
83
79
80
80
6.      Nico Dwi A
82
83
82
81
82
7.      Sahrul Hadi
82
82
83
81
82
8.      Nur Aini
81
83
82
83
82
9.      Ferdinan Simarmata
83
80
83
82
84
10.  Neneng Sumarni
82
83
81
83
82
11.  Susi Handayani
81
81
80
82
81
12.  Ahmad Jailani
82
82
81
84
81
13.  Tria Kurniawan
83
83
81
82
82
14.  Infithar
80
81
78
80
80

3.2.            Pembahasan
Berdasarkan penilaan dari penampilan yang dilakukan oleh praktikan sudah bagus. Penampilan dari para praktikan sdah meyakinkan para pendengar, di tinjau dari kesiapan para praktikan sebenarnya masing masing telah melakukan persiapan dan latihan untuk penampilan masing- masing. Sebab satu minggu sebelum para praktikan melakukan presentasi dan bernyanyi sudah di berikan kesempatan untuk melakukan persiapan. Hal ini dapat kita tinjau dari segi pembawaan yang sudah cukup tenang.
Kriteria volume suara para praktikan memang memiliki ciri khas masing masing, namun pada dasarnya volumenya sudah baik. Beberapa praktikan memang mengalami rasa kurang percaya diri sehingga saat tampil akan volume suaranya kurang jelas dan terkesan tidak sampai pesan yang di sampaikan pada para pendengar lainnya.
Segi ketertarikan para pendengar pada dasarnya berkaitan erat dengan volume suara, sebab apabila volume suara jelas maka informasi yang di sampaikan akan samapi pada para pendengar sehingga akan tertarik atas apa yang di presentasikan dan di nyanyikan tersebut. Pembuatan tertarik para pendengar para praktikan secara umum sudah cukup bagus, namun para praktikan masih belum bisa menguasai percaya diri secara penuh.
Artikulasi para peserta sebenarnya erat kaitannya dengan bahasa keseharian para praktikan. Selain itu artikulasi akan di pengaruhi oleh keadaan fisik dan percaya diri para praktikan masing- masing. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan bahwa artikulasi para praktikan sudah jelas namun sebagian masih terdapat keterbataan kata saat menyampaikan sehingga kadang terasa ambigu jika tidak benar-benar memperhatikannya.
Kriteria yang penting dalam praktikum ini adalah intonasi suara. Intonasi suara menjadi penting sebab dalam sebuah promosi para pendengarnya akan memahami apa yang ingn di sampaikan oleh pempromosi jika intonasinya jelas. Untuk praktikum bernyanyi intonasi juga penting sebab dalam hal ini seorang pendengar akan menikmati dan menghayati maknanya jika artikulasinnya jelas sehingga mudah dimengerti lagu tersebut.




















BAB IV
PENUTUP
4.1.            Kesimpulan
Salah satu cara meningkatkan percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain adalah berpromosi dan bernyanyi. Berpromosi akan meningkatkan percaya diri karena dalam promosi kita di tuntut untuk mengajak dan menyugesti para pendengar agar mau membeli atau menerima apa yang kita tawarkan. Praktikum ini tentu akan meningkatkan percaya diri sebab pada praktikum ini walaupun simulasi namun perlu percaya diri yang cukup. Peluang pasar akan tercipta jika kita senantiasa memperkenalkan produk dan jasa kita pada masyarakat, salah satu caranya adalah berpromosi.

4.2.            Saran
Saran yang dapat saya smpaikan sebaiknya persiapan untuk promosi maupun bernyanyi lebih dioptimalkan sebab pada saat praktikum masih belum optimal sehingga pesan yang di sampaikan kesannya masih kurang




















DAFTAR PUSTAKA
Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan program pemasaran . Yogyakarta: Andi
Nurwahyudi, Bakti Mei. 2011. Pengaruh Kemampuan Tenaga Penjual, Sistem Distribusi Dan Strategi Promosi Terhadap Kinerja Launching Dalam Upaya Menciptakan Brand Awareness (Studi Kasus Di Kota Semarang). Masters Thesis, Diponegoro University.
Sakwati, Monalia.2012. Identifikasi Peluang Dalam Wirausaha.Yogyakarta:Kanisius
Salirawati.2012. Percaya Diri, Keingintahuan, Dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun Ii, Nomor 2, Juni 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar