Transparent Sexy Pink Heart RAKHMAT STW: pemanfatan kulit kakao/kir/smansa_ramura

Rabu, 02 Maret 2011

pemanfatan kulit kakao/kir/smansa_ramura

Minggu, 13 Februari 2011

ABSTRAK
PEMANFAATAN KULIT KAKAO SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN KERIPIK.
Oleh :DWI CAHYO YULIANTO, RAHMAT SETIAWAN,SUKASMI.

Telah dilakukan sebuah penelitian dengan objek kulit kakao. Hal tersebut ditujukan agar setelah penelitian ini, ada upaya lebih lanjut untuk penanganan dan pemanfaatan kulit kakao, sehingga tidak hanya menjadi pakan ternak, atau dibuang seperti sampah.

Pohon kakao sangat populer di masyarakat, karena nilai jual kakao yang tinggi. Banyak masyarakat yang membudidayakan pohon kakao untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, setelah masa panen, kulit kakao hanya dibuang begitu saja tanpa ada pemanfaatan lebih lanjut untuk menjadikannya lebih berguna. Ada beberapa pemanfaatan dari masyarakat, yaitu dengan menjadikannya pakan ternak, namun hal itu hanya dapat dilakukan oleh masyarakat yang mempunyai hewan ternak. Sedangkan masyarakat lain, hanya membuang kulit kakao karena tidak ada yang mampu mengonsumsinya

Pemanfaatan kulit kakao yang diteliti oleh penulis, adalah dengan jalan mengambil daging kulit bagian dalam, untuk diolah menjadi makanan. Proses pengolahannya tidak terlalu sulit, karena kakao bukanlah tumbuhan yang beracun.

Tahapan-tahapan yang telah diteliti sampai menghasilkan keripik yang sesuai adalah penyerutan, perebusan, penirisan, dan penggorengan. Dari setiap langkah yang dikerjakan, diusahakan tidak berjeda lama, karena hal ini bisa membuat warna kakao semakin merah kecokelatan. Hasil yang diperoleh peneliti, cara untuk menjaga kecerahan warna kakao adalah dengan direbus. Hal ini akan membersihkan zat-zat pada kulit kako yang membuat perubahan warna.

Dari penelitian yang sudah dilakukan, ternyata kulit buah kakao dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan keripik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar